Ada Serbuan Ikan Aligator Amerika di Sungai Jogya, Kok Bisa?

Eramuslim.com – Sejumlah pemancing di Jogja mendapatkan ikan jenis aligator ketika sedang memancing di perairan Jogja. Ikan ini adalah jenis ikan invasif yang sangat berbahaya bagi keseimbangan ekosistem lokal perairan Jogja.

Ikan aligator ini diduga berasal dari para pemelihara yang tidak kuat lagi memberi pakan, sehingga melepaskannya ke alam liar. Penemuan ikan aligator di perairan Jogja semakin sering seiring meningkatnya tren memelihara ikan hias akhir-akhir ini. Hal itu ramai diperbincangkan di forum-forum online para pemancing di Jogja.

“Kemarin aku di kali Bedog juga dapat (ikan aligator),” kata salah seorang penghobi pancing di Yogyakarta, Muhammad Ichsanbudi, Selasa (16/2).

Kepala Museum Biologi UGM yang juga pakar Herpetologi, Donan Satria Yudha, mengatakan bahwa ada beberapa spesies ikan aligator, dan ikan-ikan ini bukan berasal dari perairan Indonesia, melainkan perairan benua Amerika.

“Saya enggak tahu masuk Indonesianya mulai kapan, yang jelas itu pasti ikan peliharaan karena bentuknya seperti buaya tapi tidak berbahaya jadi menarik untuk dipelihara,” kata Donan Satria Yudha ketika dihubungi, Rabu (17/2).