Abraham Liyanto: Harusnya Bangsa Indonesia Sudah Makmur Dengan Ribuan Pulaunya

pray-2Eramuslim.com – Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Jumlah pulau yang masuk dalam wilayah Indonesia mencapai 17.508. Masing-masing pulau tersebut memiliki kekayaan alamnya tersendiri. Sehingga wajar kalau kekayaan alam Indonesia melimpah baik jumlah maupun ragamnya.

Wilayah kepulauan Indonesia yang besar itu terbagi dalam tiga zona waktu. Bandingkan dengan negara-negara lain yang luas pulaunya terbatas dan berada hanya dalam satu zona waktu saja. Karena itu sudah sewajarnya jika Indonesia memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Pernyataan itu disampaikan Anggota MPR dari kelompok DPD, Abraham Liyanto saat menyapaikan makalahnya di hadapan peserta acara Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Pendidikan Kebangsaan/Bela Negara, di Tangerang, Banten, Jumat (19/2). Pesertanya adalah, Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia.

Menurut Abraham, sayangnya hingga kini upaya untuk meningkatkan kejahteraan melalui potensi yang dimiliki itu belum dilaksanakan secara maksimal. Karena masih ada beberapa bidang yang dibiarkan begitu saja tanpa penanganan maksimal. Contohnya adalah batas wilayah laut  dan Zone Ekonomi Eksklusif.

“Sebagai negara hukum, seharusnya Indonesia bisa menegakkakan izin melintasi wilayah. Nyatanya masih banyak kapal-kapal asing yang bebas berkeliaran tanpa sanksi dan tindakan hukum dari pemerintah Indonesia,” kata Abraham, senator asal NTT.(ts/rmol)