7 Cara Belajar Islam pada Zaman Now, Internet Cuma sebagai Pendukung

Eramuslim – BELAJAR agama Islam merupakan suatu kebutuhan bagi setiap Muslim. Hanya saja dalam kehidupan yang serba modern, teknologi telah hadir sebagai pendukung umat dalam memahami Islam.

Meski begitu bukan berarti guru, ulama, ustadz tidak dibutuhkan dalam proses belajar agama Islam. Sebab merekalah pakar Islam yang mengajarkan Islam yang benar.

Lalu bagaimana cara belajar agama Islam yang tepat pada Zaman Now ini? Dikutip dari laman Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) pada Kamis (6/2/2020), berikut 7 caranya:

1. Tanamkan niat dan berdoa.

Tanamkan niat dalam qalbu untuk mendekatkan diri kepada Allah. Mohon juga agar dibimbing oleh Allah dan dipertemukan dengan guru-guru yang diridhai-Nya. Minta agar masuk dalam pergaulan orang-orang baik yang mendapatkan hidayah dan taufik-Nya. Bersihkan selalu hati dan hidupkan dengan dzikir.

2. Berusaha mencari guru yang memiliki sanad keilmuan yang jelas.

Orang yang belajar tanpa guru, maka gurunya adalah setan. Untuk belajar agama kamu memerlukan guru yang kompeten yang bisa membimbing dan mengajari kamu secara bijak. Perhatikanlah akhlaknya, lihat juga sanad keilmuan atau mata rantai dari mana dan dari siapa calon gurumu itu belajar. Pilihlah guru yang memiliki rasa cinta Tanah Air yang tinggi yang menjadikan Islam senafas dengan kebangsaan dan kemanusiaan.