50 Waralaba Asing Siap Serbu Indonesia

waralaba_asingEramuslim.com – Diperkirakan ada sekitar 50 waralaba asing yang akan memasuki Indonesia tahun ini, mayoritas berasal dari bisnis minuman dan makanan. Waralaba tersebut berasal dari dari Amerika Serikat (AS), Eropa, dan lain-lain.

“Sekarang brand waralaba asing yang ada di Indonesia sekitar 250-an. Tahun ini nanti ada 50 brand asing akan masuk dan berkompetisi di bisnis waralaba Indonesia. Tapi saya belum boleh bilang siapa namanya. Kebanyakan food and beverage (makanan dan minuman), kayak waralaba ayam goreng dari AS, yang lain-lain juga banyak,” kata Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia Levita Supit di Kopitiam, Jakarta, Kamis (27/8) kepada fastnewsindonesia.

Meskipun penguasaan pangsa pasar waralaba dalam negeri didominasi oleh asing, namun merk lokal akan terus meningkat seiring dengan inovasi yang terus berkembang. “Ini karena brand waralaba lokal terus berinovasi untuk tetap berkompetisi dengan waralaba asing. Apalagi para pengusaha waralaba dalam negeri lebih didominasi oleh kalangan muda yang suka tantangan dan inovasi agar lebih kompetitif,” tambahnya.

Diperkirakan ada 300 merek waralaba terbaik dari 16 negara yang akan meramaikan Franchise & License Expo Indonesia, yang akan berlangsung pada 11-13 September 2015 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center.(rd)