4 Poin Terbaru Penjelasan Tim Pakar COVID-19

Eramuslim – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memberikan informasi terkini mengenai langkah pemerintah menangani virus Corona. Ini poin-poin penjelasannya.

Langkah-langkah pemerintah ini disampaikan oleh Tim Pakar Gugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito saat konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Wiku memberikan edukasi pada masyarakat mengenai asal muasal virus hingga cara pencegahannya. Berikut penjelasan terkini pemerintah:

Bentuk Sistem Pemetaan Daerah Risiko Corona

Pemerintah sedang mengembangkan sistem untuk mendeteksi penyebaran virus Corona di beberapa daerah. Alat itu nantinya bisa memetakan daerah yang berisiko menyebarkan virus Corona.

“Jadi kami dari gugus tugas sudah mengembangkan suatu sistem yang sebentar lagi bisa disampaikan ke publik, terutama kaitannya dengan daerah yang mulai tertular. Nanti kita tahu tempat-tempat mana yang risikonya sangat tinggi,” kata Wiku.

Wiku mengatakan alat tersebut bisa mendeteksi contact tracing pasien positif Corona, tanpa menanyakan riwayat kontak pasien. Alat itu dibuat dari sistem IT.

“Kemudian kami juga gunakan teknologi, sehingga pelacakannya nggak hanya dilakukan dengan pelacakan sistem konvensional dengan menanyakan kontaknya dengan siapa saja pada hari itu, berapa lama, di mana,” jelasnya.

“Jadi kami menerapkan teknologi IT. Sehingga kita juga bisa dapatkan itu, dan nanti berhubungan dengan fasilitas kesehatan, baik tempat puskesmas dan RS. Sehingga kita semuanya bisa memastikan proses penyebarannya untuk dibatasi,” katanya.