300 Ribu Warga NU Diharapkan Hadiri Harlah ke-82

Sekitar 300 ribu Warga Nahdliyin diperkirakan akan menghadiri puncak peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-82 Nahdlatul Ulama (NU). Mereka akan memadati Gelora Bung Karno, Jakarta, yang dijadikan tempat acara tersebut pada 3 Februari mendatang.

Perhelatan akbar yang rencana akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan olehRais Aam PBNU KH Sahal Mahfudz, berserta kyai NU, juga akan dihadiri oleh tamu undangan dari luar negeri, antara lain, Sekjen OKI, Raja Thailand, dan juga organisasi Islam internasional lainnya.

""Rabitah alam Islami juga mau datang nanti, "ujar Ketua PBNU KH. Hasyim Muzadi dalam jumpa pers Harlah NU, di Gedung PBNU, Jakarta.
Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana Harlah ke-82 NU, Anas Taher mengatakan, para jamaah juga akan melaksanakan istighosah bersama untuk keselamatan bangsa dan negara, yang dipandu sejumlah ulama dan kiai.

Tak hanya itu. Panitia juga telah menyiapkan fasilitas teleconference (pembicaraan jarak jauh) yang akan digunakan untuk menyiarkan secara langsung pidato Rais Aam PBNU KH Sahal Mahfudz pada acara pembukaan.

Menurut rencana, ada enam pengurus wilayah NU se-Indonesia yang dapat mengikuti secara langsung pidato salah satu kiai paling berpengaruh di NU itu. Antara lain, PWNU DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat.

“Masing-masing PWNU akan membuat acara yang menghadirkan massa NU di stadion provinsi masing-masing. Dengan teleconference ini, warga NU di sejumlah ibu kota provinsi lain bisa mengikuti dan mendengarkan pidato dari Rais Aam, ” ujar Anas.

Dan melalui fasilitas teleconference itu pula akan digelar dialog interaktif antara Presiden dengan warga NU.

Panitia pelaksana memastikan, puncak peringatan harlah itu akan lebih meriah, dengan penampilan grup Marching Band dari Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta, yang telah memenangi sekian festival marching band se-Indonesia.

Selain itu, atraksi spektakuler para pendekar Ikatan Pencak Silat NU Pagar Nusa dan manuver terjung payung hingga konser dangdut Soneta Group pimpinan Raja Dangdut Rhoma Irama, juga akan turut meramaikan acara tersebut.

Massa Nahdliyin berjumlah besar diperkirakan datang dari wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Mereka akan datang dan memadati stadion secara bertahap mulai pukul 07. 00 WIB. (novel/sio)