Ketum Muhammadiyah: Inilah 3 Ujian Membangun Ukhuwah Umat Islam Indonesia

Eramuslim – Ketua Umum PP Muhammadiyah KH Haedar Nashir mengatakan, umat Islam sering jatuh bangun mewujudkan ukhuwah, padahal ukhawah salah satu yang diperintahkan oleh Allah SWT dalam Alquran.

Menurut Haedar, ada tiga hal yang seringkali menjadi ujian bagi ukhuwah umat Islam Indonesia. Pertama kekuasaan, kedua paham politik keagamaan, dan ketiga faktor luar yang tidak terlihat dan sengaja membenturkan umat Islam.

“Kita mudah beretorika soal ukhuwah tetapi ketika berhubungan dengan kue kekuasaan, kita lupa lagi siapa saudara kita. Apa yang sudah di tangan susah lepas. Maka pandai-pandailah saat kita punya kekuasaan dan berebut karena di situ ujian ukhuwah kita,” kata Haeda seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Jumat (12/6/2020).

Ujian kedua bagi ukhuwah berkaitan dengan paham keagamaan yang berkaitan dengan politik keagamaan. Kelompok yang kecil memiliki militansi besar, sedangkan kelompok yang besar cenderung punya ego dan fanatisme yang tinggi. Umat Islam harus belajar untuk menekan ego dan membiasakan diri berdialog.

Untuk menghadapi ujian ukhuwah ketiga yaitu permainan pihak di luar umat yang tidak terlihat, bagi Haedar membutuhkan kejelian dan kewaspadaan umat.

Termasuk dalam konteks kebangsaan adalah kritis terhadap isu-isu besar yang menyangkut hajat orang banyak seperti RUU Omnibus Law hingga RUU Halauan Ideologi Pancasila.