180 Banser Amankan Perayaan Natal di Kota Malang

banserEramuslim.com – Sebanyak 180 Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Batu, Jawa Timur, ikut serta dalam pengamanan perayaan hari raya Natal 2015 di Kota Batu.

“Pengamanan berlangsung sejak malam Natal pada Kamis (24/12/2015) hingga Jumat (25/12/2015). Kami sudah koordinasi dengan Polres Batu dan pemerintah Kota Batu. Langkah ini sesuai instruksi pengurus Banser pusat,” kata Komandan Banser Kota Batu M Suwito, Malang, Jumat (25/12/2015).

Ia menjelaskan setiap gereja yang ada di Kota Batu akan dijaga 4 hingga 9 personil Banser, tergantung pada ukuran gereja yang diamankan.

“Khusus gereja Gembala Baik dan Carmel dijaga 9 personel Banser. Keikutsertaan kami dalam pengamanan Natal sebagai bentuk toleransi antarumat beragama,” ucapnya.

Selain ikut dalam pengamanan hari raya Natal, ia memastikan pasukannya juga akan terlibat dalam pengamanan malam pergantian tahun di sejumlah titik keramaian Kota Batu yang biasanya ramai oleh wisatawan .

Adapun keterlibatan Banser dalam pengamanan hari raya Natal dan Tahun Baru di Kota Malang telah berjalan selama 6 tahun dan tidak pernah ditemukan adanya ancaman teror dan bahaya terhadap umat Kristiani yang merayakan Natal di Kota Batu.

“Ini untuk membuktikan jika tidak semua umat Islam radikal dan menentang kerukunan umat beragama. Kami hadir di gereja-gereja sebagai wujud persatuan dan kesatuan warga Indonesia,” katanya. (ts/beritajatim)