02 Ngotot Satu Putaran Dalih Berhemat, Anies: Yang Ngomong Tahu-tahu Enggak Masuk Putaran Kedua

eramuslim.com – Capres nomor urut 1, Anies Baswedan  merasa tidak setuju dengan narasi Pilpres 2024 satu putaran demi menghemat anggaran negara. Menurutnya, peserta Pemilu 2024 tidak boleh merasa angkuh.

“Jangan mendahului kemauan rakyat, OK. Nanti yang ngomong satu putaran itu tahu-tahu enggak masuk putaran kedua,” ujar Anies di acara Desak Anies di Purwokerto. Jawa Tengah, Rabu (24/1/2024) malam.

Oleh sebab itu, Anies berpandangan biar kan rakyat Indonesia yang menentukan Pilpres 2024 nanti akan berjalan satu putaran atau dua putaran.

“Jadi menurut hemat kami, serahkan kepada rakyat. Rakyat yang akan menentukan satu putaran atau dua putaran. Jangan sekali-sekali mencoba mengajari rakyat,” ucap Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga merasa heran dengan narasi Pilpres satu putatan menghemat anggaran negara hingga Rp 27 triliun. Anies menilai mau satu putaran atau dua putaran, Pilpres 2024 akan menentukan arah Indonesia di masa yang akan datang.

“Karena rakyat kita barangkali lebih cerdas dari yang coba mengajari itu. Jadi kalau Rp 27 triliun itu sekitar 0,15 atau 16 persen untuk menentukan arah Republik ini,” kata Anies.

Anies lebih sepakat jangan ada lagi narasi-narasi Pilpres satu putaran dengan dalih menghemat anggaran negara. Alasannya, narasi tersebut bisa saja bergeser menjadi Pilpres tanpa adanya putaran pertama dan kedua.

“One man, one vote dipertahankan, jangan sampai one man, one vote, one time. Sekarang dicoba dikurangi putarannya, besok bisa-bisa idenya ‘udahlah nggak usah ada putaran-putaran’, perpanjang-perpanjangan saja. Betul tidak?” tanya Anies kepada hadirin.

“Jadi saya melihat ini bukan soal murah dan mahal. Tapi ini soal bagaimana hasil Pemilu itu menghasilkan pemerintah yang legitimate. Kalau pemerintah tidak legitimate tidak diakui,” lanjutnya.

 

 

Beri Komentar

2 komentar

  1. Ngomong satu putaran mau pakai cara apa kalau cara curang mau naggung misibahnya loh jd conggornya ngabusah maksa rakyat sdh pintar kalau mau hemat
    1. Jago situ ngq usah ikut krn hasil perselingkuhan mk
    2. Ikn sdh makan duit rakyat byk apa mau diteruskan
    3. Uang2 korupsi proyek2 yg melanggar aturan diperiksa