Musim Semi Tiba, Istanbul Selenggarakan Festival 30 Juta Bunga Tulip

tulip merahEramuslim.co – Bagaimana rasanya jika di ibukota Jakarta menggelar festival 30 juta bunga tulip? tentunya masyarakat ibukota akan ramai pergi ke taman-taman kota untuk sekedar meilhat keindahan bunga yang menjadi simbol negeri kincir angin Belanda.

Nampaknya keindahan untuk melihat mekarnya 30 juta bunga tulip bukanlah suatu khayalan bagi warga kota Istanbul, Turki, dimana pada 11 April lalu walikota Turki baru saja meresmikan Fetival 30 juta bunga tulip.

Dalam pidato pembukaan festival ke 10 bunga tulip, walikota Kadir Brick Bash menyatakan bangga atas keberhasilan dengan proyek raksasa untuk menanam 30 juta bunga tulip yang telah berlangsung sejak tahun 2005 lalu.

“Masih banyak keindahan dan kemeriahan yang dapat kita saksikan di festival 30 juta tulip tahun ini,” ujar walikota Kadir Brick Bash. Menurutnya di pekan depan ini kita dapat menyaksikan karpet bunga tulip yang terdiri dari 543 ribu tangkai bunga sepanjang 100 meter.

Perlu diketahui bahwa wailkota Istanbul pada tahun 2005 lalu mencanangkan gerakan menanam tulip sebanyak 500 ribu tangkai bunga, dan berhasil dilipat gandakan menjadi 30 juta bunga tulip pada tahun 2015.

Ditahun 2014 lalu kota Istanbul berhasil menanam 20 juta bunga tulip di sekitar kota, dengan biaya 5 juta lira Turki, atau setara dengan $ 2.350.000. (Anadolu/Ram)