Mewabah Pengangguran di China,  Sarjana Fisika hanya jadi Petugas Kebersihan

Susah mencari kerja

Laporan bahwa seorang mahasiswa yang sedang mengejar gelar master di bidang fisika mendaftar untuk bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah sekolah menengah di Suzhou, provinsi Jiangsu, telah memicu perdebatan sengit di internet tentang apakah ia telah membuat pilihan karier terbaik.

Menurut pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Sekolah Menengah Atas Suzhou yang Berafiliasi dengan Universitas Aeronautika dan Astronautika Nanjing, pria berusia 24 tahun itu diharapkan bekerja sebagai petugas kebersihan di sekolah tersebut.

Pemberitahuan sebelumnya yang dikeluarkan oleh sekolah tersebut tidak mencantumkan persyaratan apa pun untuk latar belakang akademis kandidat, dan hanya mengatakan bahwa sekolah tersebut mencari seorang pria berusia di bawah 50 tahun.

Mahasiswa magister, Li Yongkang, mengatakan kepada Gusu Evening News bahwa sebelumnya ia telah memperoleh tawaran pekerjaan dari sekolah tersebut untuk bekerja sebagai guru.

Namun, ia tidak dapat memperoleh gelar magisternya karena ia belum menerbitkan cukup banyak makalah akademis selama studi pascasarjana, sehingga ia tidak dapat bekerja di sekolah tersebut sebagai guru.

Sementara itu, ia merasa puas dengan lingkungan kerja sekolah tersebut saat melakukan magang di sana, sehingga ia melamar untuk menjadi petugas kebersihan di sekolah tersebut dan memperoleh pekerjaan tersebut.

“Menjadi guru adalah impian saya, dan saya akan memulai pekerjaan baru saya sambil menunggu kesempatan berikutnya untuk mewujudkan impian mengajar saya,” katanya.

Wang Jian, sekretaris partai sekolah tersebut, mengatakan bahwa sekolah tersebut telah berkonsultasi dengan Li dan akan mengatur agar ia menjadi asisten pengajar di tim pengajar fisika sekolah tersebut.

Berita tersebut memicu diskusi hangat di dunia maya dan menjadi topik yang sedang tren di platform media sosial, dengan banyak yang mengatakan bahwa pilihannya merupakan pemborosan sumber daya pendidikan.

Yang lain mengatakan pilihan Li harus dihormati dan beberapa mengatakan bahwa mengingat pasar kerja yang sulit saat ini, ia beruntung bisa mendapatkan pekerjaan.

Karena kepercayaan yang sudah lama dianut di antara orang-orang Tiongkok yang lebih menyukai pekerjaan kerah putih daripada pekerjaan padat karya dan kesenjangan gaji yang tampak di antara keduanya, sebagian besar orang di negara tersebut masih lebih menyukai pekerjaan kantoran daripada pekerjaan kerah biru.

Menurut Biro Statistik Nasional, tingkat pengangguran kaum muda berusia 16 hingga 24 tahun tidak termasuk mahasiswa mencapai 18,8 persen pada bulan Agustus, naik 1,7 poin persentase dari bulan sebelumnya.

Negara tersebut diperkirakan akan memiliki 11,79 juta lulusan perguruan tinggi baru tahun ini, 210.000 lebih banyak dari tahun sebelumnya, menurut Kementerian Pendidikan.

Hu Xunhan, mahasiswa senior bidang jurnalisme di Universitas Sains dan Teknologi Changsha, mengatakan bahwa ia memilih untuk mengejar gelar magister karena ia ingin belajar di universitas yang lebih baik dan menunda memasuki pasar kerja selama beberapa tahun karena persaingannya terlalu ketat.

Tao Yongfeng, direktur kantor pendaftaran mahasiswa dan bimbingan pekerjaan di Universitas Xiangtan, mengatakan bahwa wajar bagi lulusan perguruan tinggi untuk memilih pekerjaan yang “tidak begitu layak” dari sudut pandang tradisional saat ini dan, pada kenyataannya, hal itu telah menjadi tren baru.

“Telah menjadi lebih jelas bahwa ‘tampil mewah’ bukanlah perhatian utama bagi lulusan perguruan tinggi yang mencari pekerjaan,” katanya. “Mereka lebih fokus untuk menemukan sesuatu yang mereka minati dan cocok untuknya, yang saya yakini sebagai pilihan terbaik bagi mereka.”

Karena lulusan perguruan tinggi yang lahir setelah tahun 2000 tidak terlalu peduli dengan beban keuangan, gaji juga menjadi kurang penting, dan mereka lebih menghargai minat, ruang untuk berkembang, lingkungan kerja, dan budaya tempat kerja, kata Tao.

Mereka meluangkan lebih banyak waktu untuk membuat pilihan terbaik bagi diri mereka sendiri dengan hati-hati. Meskipun banyak mahasiswa memilih pekerjaan tetap di lembaga pemerintah, semakin banyak pula mahasiswa yang memulai bisnis sendiri atau bekerja di industri baru, katanya. (sumber: Hidayatullah)

Beri Komentar