Mesranya Komunis – Syiah: Rusia Akan Kirim Sistem Pertahanan Rudal S-300 ke Iran

iran rusiaEramuslim.com – Rusia akan mengirimkan sistem pertahanan rudal jenis S-300 ke Iran sebelum akhir tahun ini.

“Saya kira kita akan mengirimkan S-300 akhir tahun ini. Pengiriman ini akan dilakukan antara bulan September atau Agustus mendatang,” kata kepala konglomerat industri Rusia Rostec Sergey Chemezov dalam sebuah wawancara yang dikutip Press TV(Jumat, 11/3).

Pengiriman itu dilakukan menyusul kesepakatan yang telah dijalin Iran dan Rusia.

Bulan lalu saja, Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehqan mengatakan bahwa negara tersebut akan melakukan pengiriman S-300 pertama pada tahun ini.

Rusia sendiri berkomitmen untuk mengirimkan sistem buatan dalam negeri Rusia itu ke Iran dalam kesepakatan senilai lebih dari 800 juta dolar AS yang ditandatangani tahun 2007 lalu. Namun, Rusia menolak mengirimkan sistem itu ke Iran tahun 2010 lalu dengan dalih bahwa kesepakatan terhalang oleh sanksi yang diterapkan oleh Dewan Keamanan PBB terkait program nuklir Iran.

Menyusul hal itu, Iran kemudian mengajukan keluhan terhadap perusahaan senjata Rusia terkait serta Mahkamah internasional Arbitrase di Jenewa.

Kemudian April 2015 kemarin, Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani keputusan presiden yang membuka jalan bagi pengiriman sistem tersebut.

Keputusan itu muncul setelah Iran dan kelompok P5 + 1 yang terdiri dari Amerika Serikat, Prancis, Inggris, China dan Rusia ditambah Jerman mencapai kesepakatan bersama atas program nuklir Teheran di kota Swiss dari Lausanne pada tanggal 2 April 2015.(ts/rmol)