Mesir Terima 10 Apache AS Untuk Bantu perangi Kelompok Islamis

A US Apache helicopter takes to the airSurat kabar Al-Ahram mengungkapkan bahwa pemerintah mesir telah menerima 10 helikopter tempur jenis Apache dari Amerika Serikat, pasca ketegangan hubungan Kairo-Washington akibat kudeta militer pada 3 Juli 2013 lalu.

Dalam portal beritanya di Internet, Al Ahram memperlihatkan sejumlah Apache yang telah tiba Mesir.

Para pengamat percaya bahwa pengiriman bantuan militer ini merupakan indikasi penurunan ketegangan antara Mesir dan Amerika, pasca kudeta militer terhadap presiden Muhammad Mursi tahun 2013 lalu.

Perlu diketahui bahwa dalam fase-fase awal kudeta, pemerintah Washington mengkritik pelanggaran berat tentara militer Mesir yang menembaki demonstran damai di Medan Rabiah dan Nahdah.

Sebelumnya dalam pengumuman pada bulan April 2014 lalu, pemerintah Amerika Serikat memutuskan untuk mengakhiri penangguhan bantuan senjata kepada Mesir yang telah berlaku sejak tahun 2013 lalu.

Dalam keterangannya pada bulan September kemarin, Kongres AS menyatakan bahwa pengiriman helikopter tempur ke Mesir dilanjutkan untuk membantu pemerintah Kairo dalam perang melawan terorisme di Semenanjung Sinai. (Bbcarabic/Ram)