Mesir Protes Pembangunan Patung Imitasi Spinx Cina

Protes keras pembangunan replika pantung Sphinx Mesir di Cina, mendapat reaksi cepat dari pemerintahan Beijing, Cina. Dalam keterangannya Cina bersedia untuk menghancurkan patung tersebut, seperti dilansir kantor berita resmi Cina “Xinhua”.

Menurut seorang pejabat China di pinggiran ibukota provinsi Shijiazhuang mengatakan ” versi imitasi dari Sphinx hanya untuk tujuan penggunaan adegan syuting film dan drama televisi,” seperti dilansir surat kabar The Daily Telegraph edisi Australia.

Pejabat yang menolak disebutkan namanya menambahkan “Kami menghormati segala bentuk warisan budaya dunia, jadi kami menyatakan penyesalan kami untuk terjadinya kesalahpahaman ini.”

Versi palsu dari Sphinx terbuat dari batang-batang baja dan semen memiliki dimensi panjang 80 meter dan tinggi sekitar 20 meter.

Perlu diketahui bahwa Cina terkenal sebagai yang pintar meniru berbagai barang di dunia. Dari benda berupa handphone, sampai skala landmark terkenal di dunia seperti Gunung Rushmore, Menara Eiffel, dan seluruh desa Austria.
Sebelumnya Departemen benda antik di pemerintahan Mesir telah mengajukan keluhan yang dilayangkan ke UNESCO pada pekan lalu. (Akhbarak/Ram)