Menlu Turki Umumkan Negaranya Siap Serang PKK Dan Negara Islam di Suriah

Mevlut CavusogluEramuslim – Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, menyatakan bahwa negaranya bersama Amerika Serikat siap melakukan serangan udara intensif terhadap milisi Negara Islam di Suriah.

Pernyataan ini diungkapkan Menlu Mevlut Cavusoglu pasca bertemu dengan Menlu AS John Kerry di sela-sela pertemuan ke-48 menteri luar negeri Federasi Asia Tenggara (ASEAN) pada hari Rabu (05/08) kemarin.

Dalam keterangannya, Mevlut Cavusoglu mengatakan, “Bersama Amerika Serikat, Turki akan mulai melakukan serangan udara intensif terhadap milisi Negara Islam dan PKK di Suriah.”

Menlu Mevlut Cavusoglu menjelaskan bahwa wilayah-wilayah yang nantinya berhasil dibebaskan dari kekuasaan organisasi Negara Islam akan secara otomatis dikendalikan oleh pejuang moderat Suriah.

Selain itu Menlu Turki ini juga mengungkapkan rencana pendirian zona aman di sekitar wilayah perbatasan Suriah-Turki, yang akan melindungi para pengungsi yang kembali ke rumahnya dari serangan tentara Suriah dan oposisi bersenjata.

Turki menuding PKK (Partai Buruh Kurdi) dan Negara Islam bertanggung jawab atas serangkaian serangan bom pada akhir bulan Juli lalu, yang menewaskan 32 warga sipil dan belasan tentara militer. (Anadolu/Ram)