Menkes Arab Saudi Berencana Larang Qurban Unta Di Hari Raya Idul Adha Tahun Ini

untaEramuslim – Menteri Kesehatan Arab Saudi, Ir.Khalid Al-Falih, menyatakan bahwa dirinya berencana untuk melarang Qurban hewan unta selama lebaran Idul Adha mendatang, sebagai bagian dari pencegahan virus Mers Corona yang kini kembali menyebar di wilayah Kerajaan.

Rencana ini disampaikan Menkes Ir.Khalid Al-Falih dalam rapat koordinasi dengan pejabat di Kementerian dan direktur rumah sakit diseluruh wilayah Kerajaan Arab Saudi pada hari Kamis (20/08) kemarin.

Dalam pertemuan menjelang pelaksaan musim haji tahun 1436 mendatang, Menkes Ir.Khalid Al-Falih mengatakan, “Langkah terbaik saat ini adalah mencegah virus Mers Corona keluar dari ibukota Riyadh, Arab Saudi.”

Menkes Ir.Khalid Al-Falih melanjutkan, “Kita harus melakukan vaksinasi dan pengecekan kesehatan intensif kepada setiap calon jamaah dari wilayah Riyadh yang akan menunaikan ibadah Haji ditahun ini.”

“Tentunya kehati-hatian dalam menangani datangnya virus ini agar tidak menjadi wabah epidemik adalah cara yang paling tepat untuk mencegah penyebaran virus yang belum ditemukan obat dan vaksinya,” ujar Menkes Ir.Khalid Al-Falih.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi sendiri telah menyediakan dua laboratorium khusus untuk menangani kasus virus Mers Corona selama musim haji mendatang, salah satunya berada di Jabal Arafat. (Dostor/Ram)