Menhan AS: Kehadiran Iran Di Irak Dapat Memicu Konflik Sekterian Sunni-Syiah Di Timur Tengah

Ashton CarterEramuslim – Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Ashton Carter, menyatakan keprihatinannya atas keberadaan Iran dan milisinya dalam membantu pasukan pemerintah melawan mujahidin Negara Islam.

Pernyataan ini dilontarkan Menhan AS Ashton Carter dalam acara konferensi pers bersama dengan Menhan Inggris Michael Fallon di Pentagon pada hari Rabu (11/03) kemarin.

Dalam acara tersebut Ashton Carter mengatakan, “Kami selalu mengikuti perkembangan kehadiran penasehat militer Iran dan puluhan ribu milisinya di Irak. ini adalah sesautu yang sangat memprihatinkan, dan dapat memicu terjadinya konflik sekterian di Irak.”

Menurutnya, konflik sektarian di Irak merupakan faktor utama yang bisa membahayakan perang koalisi internasional melawan negara Islam di Irak dan Suriah.

Senada dengan Ashton Carter, Jenderal Martin Dempsey dalam rapat dengar pendapat dengan anggota Kongres AS di hari yang sama menyatakan kekhawatirannya atas keselamatan dan keamanan warga Sunni Irak di kota Tikrit, setelah milisi Syiah Iran berhasil menguasai sebagian besar kota yang menjadi gerbang menuju basis mujahidin Negara Islam di kota Mosul. (Alarabiya/Ram)