Menhan AS: Kami Akan Kurangi Jumlah Tentara Sebesar 13 Persen

Defense Secretary Hagel And Joint Chiefs Of Staff Dempsey Discuss New Cuts To Military BudgetMenteri Pertahanan Amerika, Chuck Hagel, Senin (24/02) mengatakan “Pentagon ingin mengurangi jumlah pasukan darat AS ke level terendah sejak tahun 1940, yang berkisar berkisar antara 440 ribu dan 450 ribu tentara.”

Hegel mengatakan bahwa ini dilakukan untuk memprioritaskan anggaran tahun 2015 ditengah pemangkasan anggaran. Jumlah tersebut berkurang sebesar 13 persen dari jumlah saat ini yaitu sebesar 529.000 prajurit.

Menhan AS memperkirakan bahwa rencana pengurangan jumlah tentara AS akan terealisasi pada sekitar tahun 2017 mendatang, seperti dilansir seorang pejabat militer AS kepada AFP.

Perlu diketahui bahwa setelah Perang Dingin, jumlah tentara AS sebanyak 479 ribu orang pada tahun 1999 sebelum melompat menjadi 566.000 tentara pada tahun 2010 dalam rangka memenuhi kebutuhan perang di Afghanistan dan Irak.

Dalam konferensi persnya Hagel mengatakan “tentara dengan jumlas tersebut sangat besar dibandingkan dengan kebutuhan strategi pertahanan kita.” Ia menambahkan “pemotongan jumlah tentara ini akan berdampak pada kelangsungan kualitas tentara AS dan persenjataan.”

Ini dilakukan Dephan AS berdasarkan suara anggota Kongres AS pada bulan Desember bahwa anggaran untuk Departemen Pertahanan tidak melebihi 496 miliar dolar Amerika di 2015 mendatang. (Alarabiya/Ram)