Menhan AS: Bashar Al Assad Banyak Ambil Keuntungan Dari Serangan Udara Koalisi Internasional

Defense Secretary Hagel and Joint Chiefs Chairman Gen. Dempsey hold a press briefing at the PentagonMenteri Pertahanan AS, Chuck Hegel, menyatakan bahwa pemerintah Bashar al Assad secara tidak langsung di untungkan dari serangan udara yang dilancarkan koalisi internasional terhadap sejumlah faksi perjuangan Islam Suriah.

Pernyataan ini dilontarkan Hagel dalam wawancaranya dalam sebuah talk show bersama Charlie Rose di stasiun televisi PBS Amerika hari Kamis (20/11) kemarin.

Dalam acara tersebut, Hagel menekankan bahwa AS tidak akan menggunakan solusi militer di Suriah dan memilih solusi diplomatik dalam konflik bersaudara yang telah berlangsung sejak tahun 2011 lalu.

Menanggapi situasi di Irak, Menhan AS mengungkapkan bahwa pasukan pemerintah kini telah mengalami banyak kemajuan dalam perang melawan milisi ISIS yang sangat terorganisir dan terlatih.

Menurutnya, pemerintah Gedung Putih akan terus mengevaluasi kebijakan mereka terhadap perang di Suriah dan Irak, dan menekankan bahwa pemerintah AS tidak akan mengubah strategi mereka dalam fase saat ini.

Hal senada juga diungkapkan mantan duta besar AS untuk Suriah, Robert Ford, yang menyebut serangan udara yang ditujukan untuk menghancurkan kekuatan ISIS, secara tidak langsung memperkuat pasukan rezim Bashar al-Assad. (Rassd/Ram)