Menteri Haji Saudi: Tahun Depan Jumlah Jemaah Haji Asal Luar Arab Saudi Akan Dikurangi Kembali Sebesar 20%

arafahMenteri Haji Arab Saudi, Bandar bin Mohammed Hajjar, menyatakan bahwa negaranya akan mengurangi lagi para peziarah pada musim haji tahun 2015 mendatang sebesar 20% bagi peziarah luar negeri dan 50% bagi peziarah dalam negeri.

Seperti dikutip kantor berita Arab Saudi dalam pertemuan di kantor Menteri Haji di kota Jeddah dengan sejumlah pejabat terkait menyatakan “dalam proyek perluasan tahap ke 3 ini, sebanyak 20% para peziarah yang datang dari luar Arab Saudi dan 50% dari dalam Arab Saudi akan dikurangi pada musim haji 1435 H mendatang.”

“ini merupakan akibat dari ekspansi perluasan Masjidil Haram,” tambah Bandar bin Mohammed Hajjar.

Kantor berita Saudi menyatakan bahwa ekspansi perluasan Masjidil Haram meliputi 1,3 juta meter kubik, dengan 52 pintu, 4 menara dan kubah yang dapat di buka tutup, serta klinik kesehatan, stasiun kereta metro dan terminal di sekitar Masjidil Haram yang mencapai luas tambahan sekitar 1 juta meter kubik.

Tercatat pada musim haji tahun 1434 H ini, sebanyak 1,9 juta peziarah menunaikan ibadah haji di tanah suci, jumlah ini berkurang jika dibandingkan dengan musim haji tahun 1433 H yang mencapai 3,1 juta jiwa. (Rassd/Ram)