Melihat Goa Uhud tempat Rasulullah dirawat, ini kondisinya sekarang

Eramuslim.com – Inilah pemandangan di sekitar goa di Gunung Uhud. Goa ini dikenal sebagai tempat Nabi Muhammad dirawat usai perang Uhud. Nabi Muhammad mendapatkan perawatan setelah mengalami luka dalam perang tersebut.

Sekitar goa sekarang dipagar agar tidak banyak orang masuk. Bahkan sebagian mulut goa juga sudah ditutup pakai semen agar orang tidak melakukan praktik syirik. Tampak dua pekerja tengah mengelas pagar.

Pagar-pagar itu tingginya sekitar 1,5 meter menggunakan kawat besi. Pagar begitu rapat dan tidak bisa dilintasi orang.

Jika dilihat dari bawah, jalan menuju goa terlihat licin. Harus ekstra hati-hati untuk mendaki ke lokasi tersebut. Terlihat juga coret-coretan di sekitar goa. Dulu akses menuju goa tersebut terbuka untuk umum, namun sekarang dibatasi.

Lokasi goa tidak jauh dari Masjid Uhud. Sekitar 500 meter. Jalan menuju ke sana harus lewat permukiman warga karena areal gunung sudah dipenuhi rumah-rumah penduduk.

Banyak orang bercerita, di dalam goa ada aroma wangi. “Tahun 2008 saya pernah masuk ke sana, memang ada aroma wangi,” kata Sahe, salah seorang warga Indonesia yang 34 tahun tinggal di Arab Saudi, Minggu (17/9).