Meksiko Berencana Legalkan Penjualan Ganja

US-HEALTH-MARIJUANA-HEMPCONAnggota Senat dari kelompok sayap kiri Partai Demokrat Revolusi Meksiko meminta pemerintah untuk melegalkan penggunaan dan penjualan ganja sebagai pengobatan medis, seperti beberapa negara lain di Amerika Latin sebagai cara baru untuk terapi penggunaan narkoba.

Sejak kampanye perang melawan narkoba yang dilancarkan oleh mantan presiden Felipe Calderon sejak 7 tahun lalu, Meksiko mengalami gelombang kekerasan antar geng akibat persaingan penjualan narkoba. Sejumlah aktivis lokal dan regional menuntut pemerintah untuk mencari cara baru menangani masalah klasik tersebut.

Seorang anggota Senat Meksiko Fernando Balonsar mengatakan kepada Reuters, “sebanyak 70 ribu orang meninggal dan 26 ribu lainnya hilang dan sejumlah orang lainnya mengungsi dalam kurun waktu 7 tahun terakhir, ini lebih dari cukup untuk mencari model alternatif memerangi peredaran narkoba.”

Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto menegaskan bahwa dirinya menentang langkah apapun untuk melegalkan obat-obatan terlarang, ia menambahkan “ saya telah mengikuti perkembangan berbagai negara untuk memerangi narkoba.”

Akan tetapi nampaknya upaya Presiden Enrique Peña Nieto akan mengalawi jalan panjang setelah partai Revolusi Demokrasi yang merupakan partai terbesar ketiga di Meksiko mendukung upaya untuk melegalkan penggunaan ganja. (Skynews Arabia/Ram)