Maroko Diguncang Gempa 6,8 SR, Korban Capai 300 Orang

Eramuslim.com – Sebuah gempa bumi dahsyat melanda Maroko, menewaskan sedikitnya 296 orang, merusak bangunan-bangunan di kota-kota besar dan membuat orang-orang yang panik berhamburan ke jalan-jalan dan gang-gang dari ibukota Rabat hingga Marrakech, tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi di negara itu.

Gempa berkekuatan 6,8 Skala Ritcher yang terjadi pada Jumat malam itu juga melukai lebih dari 150 orang, kata Kementerian Dalam Negeri Maroko pada hari Sabtu.

Dua puluh tujuh orang tewas di wilayah kota wisata Marrakech, 320 kilometer sebelah selatan ibukota Rabat, dan empat orang lainnya di provinsi Ouarzazate di sebelah selatan, demikian dilaporkan media lokal.

Kantor berita Reuters mengutip seorang pejabat yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa puluhan orang tewas, sebagian besar di daerah-daerah yang sulit dijangkau di selatan Marrakech.

US Geological Survey (USGS) mengatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 6,8 SR dan terjadi di kedalaman 18 kilometer di bawah permukaan.

Dikatakan bahwa gempa tersebut terjadi pada pukul 11:11 siang [waktu setempat] dan berpusat sekitar 56,3 kilometer sebelah barat Oukaimeden, sebuah resor ski yang populer di Pegunungan Atlas.

Gempa tersebut juga berada di dekat Toubkal, puncak tertinggi di Afrika Utara.

‘Getaran yang sangat keras’

Di Marrakech, beberapa rumah di kota tua yang padat telah runtuh dan orang-orang bekerja keras dengan tangan untuk menyingkirkan puing-puing sambil menunggu alat berat, kata penduduk setempat, Id Waaziz Hassan.

Warga Marrakech lainnya, Brahim Himmi, mengatakan bahwa ia melihat ambulans keluar dari kota tua dan banyak fasad bangunan yang rusak.

Ia mengatakan bahwa orang-orang ketakutan dan tetap berada di luar untuk berjaga-jaga jika terjadi gempa susulan.

Orang-orang di Rabat, sekitar 350 km sebelah utara Ighil, dan di kota pesisir Imsouane, sekitar 180 km di sebelah baratnya, juga melarikan diri dari rumah mereka, karena takut akan gempa yang lebih kuat, menurut saksi mata Reuters.

Beberapa video yang dibagikan di media sosial, yang tidak dapat segera diverifikasi oleh TRT World, tampaknya menunjukkan setidaknya satu bangunan runtuh dan reruntuhan di jalanan.

Video lainnya menunjukkan orang-orang berlarian keluar dari pusat perbelanjaan, restoran dan gedung-gedung apartemen dan berkumpul di luar.

“Kami merasakan getaran yang sangat keras, dan saya menyadari bahwa itu adalah gempa bumi,” kata Abdelhak El Amrani, seorang pria berusia 33 tahun di Marrakech, kepada kantor berita AFP melalui telepon.

“Saya dapat melihat gedung-gedung bergerak. Kami tidak memiliki refleks untuk situasi seperti ini. Kemudian saya keluar dan ada banyak orang di sana. Semua orang terkejut dan panik. Anak-anak menangis dan para orang tua kebingungan.”

“Listrik padam selama 10 menit, begitu pula jaringan [telepon], tetapi kemudian kembali menyala. Semua orang memutuskan untuk tetap berada di luar rumah,” tambahnya.

Fayssal Badour, seorang warga Marrakech lainnya, mengatakan kepada AFP bahwa ia sedang mengemudi saat gempa terjadi.

“Saya berhenti dan menyadari betapa dahsyatnya bencana ini. Itu sangat serius, seolah-olah sebuah sungai meledak di tepiannya. Teriakan dan tangisan tak tertahankan,” katanya.

Media lokal melaporkan satu keluarga terjebak di reruntuhan setelah rumah mereka runtuh di kota Al-Haouz, pusat gempa.

Rumah sakit di Marrakech mengalami “gelombang besar” korban luka, demikian laporan media lokal.

Media lokal Maroko melaporkan bahwa gempa tersebut merupakan gempa paling kuat yang melanda negara tersebut hingga saat ini.

Gempat Terasa di Aljazair

Gempa ini juga terasa di Portugal dan negara tetangga Aljazair, di mana Pertahanan Sipil Aljazair mengatakan bahwa gempa ini tidak menyebabkan kerusakan atau korban jiwa.

Pada tahun 2004, sedikitnya 628 orang tewas dan 926 lainnya terluka ketika gempa bumi menghantam Al Hoceima di timur laut Maroko.

Pada tahun 1980, gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter di negara tetangga, Aljazair, merupakan salah satu gempa bumi terbesar dan paling merusak dalam sejarah.

Gempa ini menewaskan 2.500 orang dan menyebabkan sedikitnya 300.000 orang kehilangan tempat tinggal.

(Hidayatullah)

Beri Komentar