Mantan Wakil Presiden AS Sebut Penyiksa Tahanan Guantanamo Sebagai “Pahlawan”

penyiksaanMantan wakil Presiden era pemerintahan George W. Bush, Dick Cheney, membela petugas interogasi CIA yang menyiksa pengikut al Qaeda dengan sebutan sebagai pahlawan.

Dalam pernyataannya di jaringan televisi AS, Cheney, mengatakan “Saya sangat puas dengan cara mereka, mereka adalah orang yang harus diberi medali atas jasanya. Jika saya menjadi mereka, saya akan melakukan tugas tersbeut tanpa ragu-ragu.”

Sebelumnya dalam laporan CIA dihadapan Komite Intelijen di Senat AS pada pekan lalu, anggota Senat mengkritik tegas metode penyelidikan yang diadopsi oleh CIA terhadap para tahanan di penjara Guantanamo, Kuba.

Laporan tersebut menggambarkan metode kejam penyiksaan petugas CIA terhadap tahanan al Qaeda dengan menggunakan waterboarding, menggantung tahanan dengan kedua tangannya, ataupun menempatkan mereka dalam kotak kecil menyerupai peti mati dan lainnya.

Selain itu dalam acara tersebut, Cheney juga menyebut kritikan Komite Intelijen di Senat AS sebagai omong kosong. (Skynewsarabia/Ram)