Mantan Rapper Inggris Ini Melarikan Diri Dari IS

Main-Jihadi-JohnEramuslim.com – Abdel-Majed Abdel Bary, mantan rapper yang meninggalkan Inggris untuk bergabung dengan pejuang IS tahun 2013, dikabarkan melarikan diri dari Suriah dan sedang menuju perbatasan Turki.

Mengutip sejumlah sumber keamanan Suriah dan Turki, The Telegraph memberitakan Abdel Bary kemungkinan satu dari 50 serdadu asing IS yang sedang melarikan diri.

Abdel Bary terakhir kali tampil di media sosial dengan kepala terpenggal dan janji akan menghancurkan Barat. Ia mencoba kembali ke Inggris, meski kemungkinan akan dieksekusi atau mendekam selamanya di penjara.

The Telegraph memperkirakan Abdel Bary menyamar sebagai pengungsi saat melarikan diri dari Suriah, saat IS mundur dari Tal Abyad — tidak jauh dari perbatasan Turki — bulan lalu. Meski baru dua tahun bergabung, Abdel Bary melesat cepat di jajaran IS. Ia memimpin unit pasukan di Tal Abyad, dan terlibat dalam banyak pertempuran.

Sebelum meninggalkan Inggris, Abdel Bary adalah rapper yang sempat populer berkat lagu-lagunya yang diputar Radio BBC. Ia dibesarkan di sebelah barat London, dan bermukim di sebuah rumah tidak jauh dari kediaman Mohammed Emwazi — algojo IS yang dikenal dengan sebutan Jihadi John.

Ayah Abdel Bary dekat dengan Osama bin Laden, dan kini dipenjara di AS karena dinyatakan bersalah terlibat peledakan Kedubes AS di salah satu negara Afrika. Abdel Bary kini ditunggu di Inggris, untuk menghadapi dakwaan. (rz)