Mantan PM Tony Blair: Waktunya Inggris Kirim Tentara Darat Ke Irak

tony blairMantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, menyatakan ingin melihat pasukan negaranya kembali ke Irak bersama Amerika Serikat untuk berperang bersama melawan Negara Islam Irak dan Suriah.

Dalam pernyataannya, Tony Blair, mengatakan “kita tidak mungkin menang melawan kelompok ekstrimis di wilayah mereka sendiri, akan tetapi kita dapat melemahkan mereka disana. Oleh karena itu tidak pilihan lain kecuali kembali mengirimkan pasukan Inggris ke Irak.”

“Tentu saja ini akan memerlukan jumlah tentara yang lebih banyak dikirim untuk melawan milisi ISIS yang berdatangan dari luar Suriah dan Irak,” tambah Blair.

Selain itu Blair menyebut apa yang sekarang terjadi di Irak adalah hasil dari kegagalan Barat dalam menyelesaikan krisis Suriah. Menurutnya “setiap kali kita dihadapkan pada pilihan untuk mengambil keputusan, kita dipaksa untuk mengambil tindakan lebih serius di kemudian hari.”

Sebelumnya pada hari Sabtu (20/09) kemarin, Presiden Barack Obama telah berjanji tidak akan mengirim tentara darat Amerika untuk memerangi ISIS di Irak dan Suriah. (Bbcarabic/Ram)