Majelis Umum PBB Rancang Resolusi Untuk Lucuti Senjata Nuklir Israel

ISRAEL-NUCLEAR-DIMONAMajelis Umum PBB menyetujui rancangan resolusi bagi Israel untuk menanggalkan senjata nuklir dan menyerahkan fasilitas pengayaan nuklir di bawah pengawasan internasional.

Dalam resolusi yang disetujui oleh 161 negara anggota PBB tersebut, meminta pemerintah Israel untuk segera menyetujui perjanjian tanpa adanya penundaan, serta secepatnya menghentikan pembuatan senjata nuklir dan menyerahkan tempat fasilitas nuklirnya di bawah pengawasan Badan Energi Atom Internasional milik PBB.

Tercatat Israel adalah satu-satunya negara yang belum menandatangani Nuclear Non-Proliferation Treaty diantara negara anggota PBB lainnya.

Tercatat Amerika Serikat dan Kanada adalah di antara empat negara yang menolak resolusi pelucutan senjata nuklir milik Israel tersebut, sedangkan 18 negara lainnya abstain dalam pemungutan suara.

Sebelumnya rancangan resolusi serupa pernah diajukan Mesir dan negara-negara Arab pada bulan September lalu, akan tetapi upaya tersebut gagal mendapatkan persetujuan dari Badan Energi Atom Internasional yang berbasis di kota Wina.

Perlu diketahui bahwa sifat resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak mengikat secara hukum, dan hanya sekedar beban moral suatu negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa. (Skynewsarabia/Ram)