Majalah AS Ungkap Jumlah Pasukan Koalisi Regional Sunni Arab

majalah foreign PolicyEramuslim.co – Majalah Foreign Policy mengungkapkan bahwa pasukan gabungan koalisi regionla Sunni Arab akan terdiri dari 40 ribu tentara darat, laut, dan udara yang berasal dari Mesir, Yordania, Maroko, Arab Saudi, dan Sudan, dengan Mesir menjadi basis utama pasukan gabungan.

Dalam laporan majalah Foreign Policy yang diterbitkan awal bulan ini mengatakan bahwa konflik di Timur Tengah yang kini semakin berkecamuk meruncing menjadi konflik sekterian antara kelompok Sunni dan Syiah.

Pembentukan pasukan gabungan koalisi regional Arab bukan hanya didasari oleh pecahnya perang terhadap pemberontak Syiah Houthi di Yaman, akan tetapi lebih kepada ekspansi hegemoni Iran yang kini telah mengusai lima ibukota Timur Tengah, termasuk Lebanon, Damaskus dan Sanaa dan Baghdad.

Menurut prediksi majalah asal Amerika Serikat yang terbit dwi bulanan ini menyatakan bahwa kesepakatan program nuklir Iran dengan negara-negara Barat awal pekan lalu akan memberikat kekuatan pemerintah Teheran dalam segi ekonomi untuk mendukung agenda mereka di Timur Tengah. (Rassd/Ram)