Liga Arab Desak Dewan Keamanan PBB Untuk Jatuhkan Sanksi Kepada Israel Terkait Pencurian Air Dan Wilayah Palestina

liga arabOrganisasi negara-negara Arab atau yang dikenal dengan Liga Arab mendesak masyarakat internasional dan PBB, khususnya Dewan Keamanan PBB untuk segera mengambil tindakan tegas terhadap Israel terkait penjarahan dan pencurian air dari wilayah negara Arab.

Liga Arab meminta DK PBB untuk segera menerapkan sanksi kepada Israel sesuai dengan hukum internasional yang berlaku. Menurut Liga Arab, saat ini Israel mencuri air dari berbagai sumber di wilayah-wilayah Arab yang diduduki, dan menyebabkan kerugian serta membahayakan daerah tersebut.

Desakan ini dituangkan dalam kesepakatan akhir dan resolusi dari negara anggota Liga Arab dalam pertemuan ke 141 yang berakhir pada hari Minggu (09/03) malam dengan tema (keamanan air Arab dan pencurian air oleh Israel dari wilayah Arab yang diduduki).

Akibat eksploitasi yang dilakukan Israel, sejumlah sumber daya air di wilayah-wilayah Arab yang diduduki seperti Palestina, dataran Tinggi Golan di Suriah dan Lebanon selatan menipis berpotensi menjadi ancaman bagi keamanan air di wilayah Arab.

Menurut Liga Arab, prakter pencurian yang dilakukan oleh Israel merupakan pelanggaran serius terhadap aturan hukum dan legitimasi internasional yang menjamin prinsip kedaulatan permanen masyarakat di bawah penjajahan asing atas sumber daya alam termasuk tanah dan air.

Dewan Liga Arab juga menyerukan kepada media Arab untuk terus menyoroti perampasan wilayah Palestina dan negara sekitar, serta pencurian air di wilayah Arab. Dan segera menyalurkan bantuan air di wilayah Palestina yang diduduki seperti di Jalur Gaza. (Almasryalyoum/Ram)