Lembaga Survei Turki: Isu Negatif Sebabkan Partai Erdogan Menurun Drastis

akpEramuslim – Lembaga survei Sonar Turki memperkirakan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan akan membentuk pemerintahan koalisi pada pemilu legislatif bulan Juli mendatang, setelah dalam jajak pendapat terbaru menunjukan menurunnya dukungan publik terhadap partai yang dipimpin oleh Erdogan.

Dalam hasil survei yang dikeluarkan Sonar Turki menyatakan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan mendapat dukungan dari 41% rakyat Turki, sementara saingan mereka Partai Rakyat Republik mendapat 26% suara, dan ditempat ketiga ada Partai Gerakan Nasionalis dengan 18%.

Jumlah ini menurun dari jajak pendapat sebelumnya yang menunjukkan bahwa dukungan untuk Partai Keadilan dan Pembangunan diantara 45-47%.

Menurut lembaga survei independen non-pemerintah menyatakan bahwa tren penurunan ini disebabkan pemberitaan negatif terhadap Erdogan dan keluarganya, terlebih isu korupsi yang menimpa anaknya.

Sonar survei memprediksi bahwa Presiden Recep Tayyip Erdogan akan menghadapi jalan terjal untuk meloloskan amandemen konstitusi baru, setelah dalam beberapa kali survei ditahun 2015 menunjukan penurunan terhadap Partai Keadilan dan Pembangunan. (Skynewsarabia/Ram)