Langgar Sumpah Konstitusi, Ketua Kongres Amerika Rencanakan Lengserkan Obama

U.S. President Obama meets with a bipartisan group of congressional leaders - DCKetua Kongres Amerika Serikat, John Boehner, menyatakan niatnya untuk menggugat Presiden Barack Obama atas tuduhan penyalahgunaan batas kekuasaan eksekutif yang tercantum dalam Konstitusi AS.

Dalam konferensi pers hari Rabu (25/06) kemarin, anggota Kongres dari Partai Republik mengatakan “Konstitusi secara jelas menyatakan bahwa presiden harus menjalankan pemerintahannya sesuai dengan undang-undang dan hukum. Menurut saya, presiden tidak menjalankan kekuasaannya dengan amanah.”

John Boehner menambahkan “dalam fungsinya Kongres memiliki hak untuk melengserkan presiden jika terdapat pelanggaran kekuasaan oleh lembaga eksekutif. Dan ini adalah tugas kami untuk menjalankan fungsi pengawasan tersebut.”

Wacana ini dilontarkan Boehner menyikapi keputusan Obama dalam beberapa kasus seperti permasalahan imigran ilegal di tahun 2012 dan jaminan kesehatan warga Amerika Serikat.

Sementara itu anggota Kongres asal Partai Demokrat, Nancy Pelosi, mengkritik pernyataan Boehner dan menyebutnya sebagai Trick menjaring suara mendekati pemilu legislatif yang akan berlangsung kurang dari 4 bulan kedepan.

Nancy Pelosi menuduh Partai Republik sengaja menggulirkan isu ini untuk memenangkan mayoritas kursi di Senat untuk menjadikan Kongres dalam kendali mereka. (Skynewsarabia/Ram)