Krisis Semenanjung Crime Memanas, Rusia Tembak Jatuh Pesawat Drone Ukraina

sukhoiSebuah pesawat drone pengintai Ukraina ditembak jatuh pesawat tempur Suriah di wilayah udara Rusia, ujar salah seorang pejabat penting Trans – Dniester yang menjadi salah satu wilayah federasi Rusia.

Dalam keterangannya, ia menjelaskan bahwa jet tempur Rusia menembak jatuh sebuah pesawat drone Ukraina menembus batas wilayah udara Moldova dan Trans – Dniester pada Rabu (26/03) waktu setempat.

Trans – Dniester adala sebuah negara kecil yang tidak diakui oleh dunia internasional ketika memisahkan diri dari Moldova pada tahun 1990. Akan tetapi negara tersebut kini masuk ke dalam wilayah federasi Rusia.

Sementara itu dalam KTT Keamanan Nuklir di kota Den Haag, Belanda, Presiden Amerika Barrack Obama memperingatkan Rusia bahwa Moskow akan membayar harga yang mahal akibat merebut wilayah Semenanjung Crimea dari Ukraina.

Selain sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh pemerintah Washington, pemerintah London mengumumkan menilai kembali kerjasama nuklir yang telah ditandatangani dengan pemerintah Moskow.

Sementara itu negara Kelompok G Delapan membatalkan pertemuan di kota Sochi, Rusia, dan memindahkannya ke kota Brussels di Belgia. (Aljazeera/Ram)