Kota Benghazi Terus Memanas, Marinir AS Bersiap Terjun Di Libya

kapal induk ASDepartemen Pertahanan Amerika Serikat “Pentagon” menyatakan telah menyiagakan ratusan marinir AS di wilayah Italia untuk di kirim ke Libya menanggapi konflik bersenjata yang terjadi sejak satu pekan terakhir.

Juru bicara Pentagon, John Kirby mengatakan pada hari Selasa (20/05) “sekitar 250 anggota Marinir AS telah dipindah dari Spanyol ke pulau Sisilia, Italia, sebagai tindakan persiapan menghadapi krisis di Libya.”

“Mereka akan di dukung satuan tugas udara-darat yang terdiri dari tujuh pesawat Osprey dan helikopter angkut C – 130,” tambah Kirby.

Pemerintah Washington menyatakan bahwa mereka di siagakan untuk mengevakuasi para diplomat AS yang kini masih berada di Libya.

Jubir AS menambahkan “ pemerintah Washington mengikuti secara teliti setiap perkembangan di Libya, kami tidak ingin mengulangi kejadian yang sama di kota Benghazi yang telah menewaskan Dubes kami pada September 2012 lalu.”

Krisis di dimulai pada hari Minggu 18 Mei lalu setelah pasukan pemberontak yang dipimpin oleh Mayjen Khalifa Haftar meluncurkan roket ke arah gedung parlemen Libya yang mengakibatkan terhentinya Sidang Umum anggota Parlemen Libya. (Rassd/Ram)