Konferensi Genewa 2 Terancam Gagal Setelah 6 Faksi Perjuangan Di Barisan Koalisi Nasional Nyatakan Mengundurkan Diri

ilustrasi geneva 1Konferensi Genewa 2 yang digelar pada 22 Januari terancam gagal setelah 6 faksi politik di tubuh Koalisi Nasional menyatakan menarik diri dalam sebuah pertemuan peserta koalisi di Istanbul, Turki pada Senin (06/01) malam.

Dalam keterangan anggota Koalisi Nasional Suriah kepada Sky News Arabia mengatakan “faksi yang menarik diri dari Konferensi Genewa 2 adalah, Faksi Dewan Lokal, Dewan Tertinggi Kepemimpinan Revolusi, Gerakan Turkmen, Kepala Staf Gabungan, Gerakan Revolusioner , Forum Bisnis Suriah, di samping beberapa tokoh independen Suriah lainnya

Dijadwalkan pada hari Selasa (07/01) anggota Koalisi yang mengundurkan diri akan mengadakan jumpa pers menjelaskan alasan penarikan diri mereka pada pertemuan anggota koalisi dan Konferensi Geneva 2 untuk perdamaian Suriah.

Salah seorang anggota koalisi oposisi Suriah, Mustafa Ali, menjelaskan bahwa anggota koalisi mendapat tekanan tertentu ketika ikut berpartisipasi dalam konferensi Jenewa 2, dan mereka yang mengundurkan diri menolak adanya tekanan ini.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki -moon telah mulai mengirim undangan resmi ke Amerika dan Rusia serta sejumlah negara berkepentingan untuk menghadiri konferensi pembicaraan damai konflik Suriah, termasuk Iran. (skynewsarabia/RAM)