Kisah Miris Anak Bangsa, Mana Nawacita? Mana Revolusi Mental?

Wiwin-Susilawati-Driver-Gojek-Wanita-710x434Eramuslim.com – Sedih. Itulah perasaan yang diungkap mayoritas pegiat dunia maya menanggapi seorang ibu yang bekerja sebagai driver ojek, menarik penumpang sambil menggendong anaknya. Mana perhatian pemerintah dan DPR ketika rakyatnya sedang susah payah mencari nafkah!!!

Kisah memilukan ini di-share oleh Fitri Hidayanti, penumpang yang kebetulan dapat driver ojek melalui aplikasi Go-Jek ini adalah seorang ibu bernama Wiwin Susilawati. Dalam akun media sosialnya Path dan Twitter, Fitri memposting foto sang ibu yang tengah menggendong anak sambil ngojek. Fitri menulis, ini kali pertama dia order ojek aplikasi dan kebetulan pengendaranya seorang ibu-ibu.

Driver-Gojek-Wanita-Bawa-AnakFitri bercerita, awalnya dia ingin membatalkan pesanan. Namun, lantaran sang ibu memohon karena sedang butuh uang untuk anaknya, Fitri akhirnya pasrah. “Pertama kali pesen gojek, drivernya cewe dan bawa anak! Pertamanya serem sih, tapi karena dia mohon jangan di-cancel orderannya, jadi gue nawarin diri jadi driver-nya,” tulis @FitriHidayanti.

Postingan Fitri pun akhirnya menyebar. Diketahui, Wiwin baru saja dicerai suami, dia pun harus mengasuh anak-anaknya. Yang bikin sedih lagi, sang ibu ini tinggalnya menumpang-numpang, seringnya di Masjid. Dua anak Wiwin dititipkan ke panti asuhan, sedangkan anaknya yang masih kecil dia bawa terus saat narik. Go-Jek jadi sandaran hidupnya selama tiga bulan ini. Go- Jek satu-satunya kerjaannya untuk menyambung hidup dia dan anak-anaknya. Warga Depok ini berharap tak ada masalah dengan pengelola Go-Jek karena ceritanya itu.

Cerita Fitri mengundang simpati di dunia maya. Di jagat Twitter misalnya, sejumlah Tweeps kasihan dan sedih. Ada juga yang memberi semangat. “Driver Gojek perempuan membawa anak. Satu lagi berita viral yang menggugah nurani,” cuit @ andiana, disambut @annisast. “Mellow baca cerita ibu driver gojek yang tinggal di mushola dan kerja bawa anaknya karena suaminya kabur.”

Sementara @nonnindah berkicau “Hiks, ini truestory ibu-ibu driver gojek yang membawa bayinya bekerja.” Sedangkan @masde2n menyalahkan suaminya yang meninggalkannya. “Ini suaminya kemana. Tega banget.”

Sementara @irfan_shac menyatakan, yang salah bukan driver Go- Jek. “Yang salah adalah penguasa karena tidak menunaikan kewajiban memelihara orang miskin dan anak terlantar. Tidak serius ngurusin mereka,” tulisnya.

Komentar di link media online soal berita itu juga banyak, 67 persen pembaca memberikan feedback sedih di artikel ini. Misalnya, @ irvinsetiawan. Dia dengan tegas meminta perhatian pemerintah. Menurutnya, banyak cerita kesedihan serupa yang terjadi di se-antero negeri ini. “Mana perhatian pemerintahan Jokowi-JK? Mana Perhatian DPR?,” tulisnya.(ts)