Kesal Dana Investasi Asing Belum Dikucurkan, Sisi Sebut Sejumlah Negara Donor “Pembohong”

Sisi di forum Ekkonomi maretEramuslim – Presiden Abdel Fattah al-Sisi mengungkapkan kekesalannya atas gagalnya sejumlah proyek yang menjanjikan investasi segar bagi Mesir, seperti dituangkan sejumlah negara dalam Konferensi Ekonomi di Sharm el-Sheikh pada 13-15 Maret.

Pernyataan ini dilontarkan Sisi dalam pidatonya di seminar pendidikan militer Mesir pada Selasa (01/04) malam di ibukota Kairo, Mesir, seperti dilansir surat kabar Arab 21.

Dalam pidatonya Sisi mengatakan, “Sebagian besar dari miliaran dolar AS yang diumumkan pada konferensi ekonomi hanya sebuah janji,” sambil menunjuk pembentukan komite pemerintah untuk menindaklanjuti janji investor dalam kurun waktu 1 tahun dari sekarang.

Sejumlah pengamat menyebut keterlambatan kucuran dana investasi dari sejumlah negara pada konferensi ekonomi bulan Maret lalu, dikarenakan sikap pemerintah Mesir yang belum memenuhi kewajiban mereka dalam sejumlah proyek asing yang telah ada sebelumnya.

Mereka mencontohkan sejumlah proyek jalan dan jembatan yang dikerjakan oleh lembaga pembangunan milik Angkatan Bersenjata Mesir yang belum selesai pengerjaannya hingga saat ini, setelah berjanji akan selesai pada Juni 2014 lalu. (Rassd/Ram)