Kerry Akui Kerjasama Dengan Mesir Semata-Mata Demi Kepentingan AS Dan Israel

kerryEramuslim ā€“ Menteri Luar Negeri John Kerry meminta Kongres untuk tetap mengizinkan pengiriman bantuan tahunan ke Kairo dan meneruskan kerjasama kedua negara demi kepentingan nasional AS, meskipun dalam laporan pemerintah pada bulan lalu mengkritik pelanggaran HAM yang terjadi di Mesir.

Dalam catatannya yang disampaikan ke Kongres pada hari Selasa (09/06) kemarin, Kerry menyatakan bahwa Mesir memiliki peran vital dalam mendukung kepentingan AS di wilayah kawasan, terlebih Terusan Suez dan pangkalan udara mereka yang dapat digunakan militer AS.

Kerry mengakui bahwa terjadi pelanggaran berat HAM di Mesir, termasuk pembatasan kebebasan berkumpul, berekspresi dan politik. Akan tetapi yang lebih penting dari itu semua adalah komitmen Mesir untuk perjanjian damai dengan Israel dan perang melawan terorisme.

Perlu diketahui bahwa ini adalah surat pembelaan Kerry terhadap Mesir terhadap laporan rahasia yang dikirim Presiden AS Barack Obama kepada Kongres pada pada 12 Mei lalu, yang berisi kritik tajam atas penangkapan ribuan lawan politik pemerintah dan kegagalan demokrasi dinegara tersebut.

Perlu diketahui bahwa dalam konstitusi AS melarang pemerintah untuk memberikan bantuan kepada negara-negara yang dianggap melakukan pelanggaran HAM dan mematikan hak-hak demokrasi rakyatnya. (Rassd/Ram)