Kepenuhan, Norwegia Berencana Pulangkan Pengungsi Suriah Ke Rusia

pengungsi suriahEramuslim – Rabu 14 Oktober 2015, Menteri Keadilan Norwegia, Anders Anundsen, menyatakan bahwa negaranya akan mengembalikan sebagian para pencari suaka asal Suriah yang datang dari Rusia, terlebih mereka yang telah lama tinggal disana dalam beberapa waktu.

Dalam keterangannya di ibukota Oslo, Anders Anundsen mengatakan, “Pemulangan ini ditujukan bagi para pencari suaka yang telah hidup di perbatasan Rusia-Norwegia dalam beberapa waktu yang lama dan memiliki izin tinggal disana.”

Anders Anundsen melanjutkan, “ Norwegia memiliki sejumlah perjanjian dengan Rusia, oleh karena itu kami menganggap bahwa mereka yang tinggal di sana tidak lagi masuk kategori mereka yang melarikan diri dari perang, kemiskinan, dan kelaparan.”

Menurut catatan pihak imigrasi Norwegia menyatakan bahwa sepanjang tahun 2015 ini sudah ada sekitar 1.200 lebih warga Suriah yang datang dari Rusia menuju Norwegia. Jumlah ini jauh meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2014 yang hanya 20 orang.

Jalur Rusia menuju Norwegia sendiri adalah jalur terpanjang bagi para pencari suaka asal Suriah menuju tempat impian mereka, dan dapat dibilang lebih aman menyeberang ke Eropa jika dibandingkan dengan Laut Mediterania. (Alarabiya/Ram)