Kelompok Syiah Houthi Kembali Serang Warga Salafi Yaman, 5 Orang Tewas Dalam Insiden Tersebut

syiah yamanSediktinya 5 orang tewas dalam sebuah aksi pemboman terhadap kelompok Salafi Sunni di kota Dammaj provinsi Saada, Yaman pada Minggu malam, setelah sebelumnya terjadi gencatan senjata antara kelompok Salafi dan suku Badui Yaman dengan kelompok Syiah Haouthi.

Dalam keterangan resminya Komite Gulf Cooperation Council ( GCC )menyatakan lebih dari 5 orang tewas dan 20 lainnya terluka dalam aksi pemboman kelompok Houthi pada Minggu malam di pusat wilayah Salafi.

Sementara itu komite mediasi pemerintah Yaman GCC memutuskan untuk kembali ke Sana’a pada hari Minggu kemarin, setelah upaya mediasi yang dilakukan oleh pemerintah Yaman gagal pada bulan November lalu.

Ini merupakan kesepakatan ketiga yang dilanggar oleh kelompok Syiah Houthi, setelah dua gencatan senjata sebelumnya berakhir hanya selang beberapa jam dari penandatanganan kesepakatan damai semenjak akhir Oktober lalu.

Konflik sekterian bermula pada akhir Oktober lalu, dimana kelompok Syiah Houthi membombardir sebuah masjid yang dicurigai tempat pelatihan militan asing. Pihak Salafi sendiri telah membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa mahasiswa asing yang berada di masjid hanya datang untuk belajar agama. (Aljazeera/lndk)