Kelompok Syiah Houthi Kembali Serang Suku-Suku Yaman Di Kota Haradh

houthi vs sunniBentrokan bersenjata antara suku-suku Yaman dan kelompok pro – Salafi dengan kelompok Syiah Houthi kembali pecah pada Senin malam di kota Haradh, provinsi Hajjah di sebelah Yaman utara.

Sumber berita lokal di kota Haradh mengatakan “bentrokan bersenjata terjadi pada Senin malam antara suku-suku dan unsur-unsur pro – Salafi di kota Haradh dengan kelompok Syiah Houthi.”

Sumber menambahkan “kedua kelompok menggunakan berbagai senjata ringan dan sedang, yang mengakibatkan kepanikan seluruh warga kota.”

Menurut keterangan sumber Salafi, dalam kurun waktu satu pekan lebih dari 150 orang tewas dan sekitar 400 orang warga salafi terluka.

Kelompok Syiah Houthi merupakan bagian dari kelompok Syiah Zaidi yang pernah memerintah Yaman dalam satu periode. Bentrokan dimulai pada tahun 2004 lalu disebabkan kelompok Houthi ingin menyebarkan aliran Syiah mereka dan di tentang pemerintah Yaman yang beraliran Sunni, sejak saat itu Syiah Houthi melancarkan pemberontakan kepada pemerintah Yaman sampai saat ini. (rassd/lndk)