Kelompok Syiah Houthi Kembali Serang Kelompok Suku Badui Yaman

yamanBaku tembak kembali terjadi pada Kamis (19/12) siang antara kelompok Syiah Houthi dengan suku Yaman dan kelompok Salafi di provinsi Saada, sebelah utara Yaman.

Sebanyak 8 orang dinyatakan tewas dalam baku tembak yang terjadi pada hari Kamis kemarin, 7 orang diantaranya berasal dari kelompok Syiah Houthi dan satu orang dari militan suku Yaman. Selain korban jiwa, tiga mobil dilaporkan terbakar dalam baku tembak tersebut.

Komite perdamaian yang dibentuk Presiden Yaman dan pengerahan kekuatan militer di daerah konflik tidak dapat berbuat banyak untuk mengakhiri ketegangan antara kedua belah pihak. Terakhir kali bentrokan antara kedua belah pihak terjadi pada tanggal 9 Desember lalu.

Konflik bersenjata di picu serangan kelompok Syiah Houthi terhadap masjid Salafi, mereka menuding masjid digunakan sebagai tempat kegiatan militan asing. Akan tetapi pihak Salafi membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa mahasiswa asing hanya ikut belajar di sekolah yang berada disamping  masjid. (aljazera/lndk)