KBRI Khartoum: Situasi di Sudan Kian Memburuk, Himbau WNI Agar Tetap Dirumah

200 Orang Tewas, Potret Sudan Chaos karena Perang Saudara

Eramuslim.com – KBRI Khartoum mengungkapkan situasi terkini di Sudan yang saat ini sedang terjadi kericuhan di Khartoum. KBRI mengatakan situasi di Sudan kian memburuk.

Hal itu disampaikan melalui edaran resmi KBRI Khartoum yang diunggah lewat akun Instagramnya. Disampaikan perang di Sudan makin meluas.

“Sampai 17 April 2023 diinformasikan situasi dan kondisi keamanan terus memburuk,” demikian isi imbauan KBRI KBRI Khartoum, seperti dilihat, Selasa (18/4/2023).

“Keadaan tersebut telah berdampak pada ketersediaan pasokan listrik, logistik, air, dll, serta sangat menyulitkan mobilitas/pergerakan,” lanjut KBRI Khartoum.

“Tetap tinggal di rumah dan menjauhi jendela, meningkatkan saling komunikasi, dapat berkumpul bersama di titik-titik aman, tidak berkeliaran, menyiapkan dokumen paspor, dan beberapa barang keperluan pribadi dalam satu ransel,” tulis KBRI Khartoum.

KBRI Khartoum saat ini terus berupaya untuk mengupayakan bantuan logistik dan pergerakan ke titik aman.

Perwakilan khusus PBB untuk Sudan, Volker Perthes, menyampaikan jumlah korban tewas meningkat menjadi sedikitnya 185 orang. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta pihak-pihak yang bertikai di Sudan untuk segera menghentikan permusuhan.

Karena utusannya untuk Khartoum mengatakan sedikitnya 185 orang tewas akibat pertempuran itu. Gueterres mengatakan eskalasi lebih lanjut dari konflik antara tentara dan pasukan paramiliter, yang dipimpin oleh para jenderal saingan, ‘bisa menghancurkan negara dan kawasan.’

(detik)

Beri Komentar