Kapan Pandemi Virus Corona Berakhir? Ini Jawaban Para Pakar Penyakit Menular

Pada akhir Desember, vaksinasi dilakukan untuk siapa saja yang menginginkannya, dan pandemi dianggap berakhir pada Agustus 2010.

Namun, sejatinya Anda tidak bisa hanya melihat model pandemi masa lalu untuk memprediksi jangka waktu pandemi virus corona saat ini. Sebab ini virus yang berbeda. Bisakah cuaca hangat membantu mengurangi penyebaran virus corona dan membantu mengakhirinya?

Anda mungkin pernah mendengar desas-desus pandemi COVID-19 mungkin hilang pada musim semi karena penyebaran jenis virus corona lainnya cenderung memuncak antara Desember dan Maret. “Namun sekali lagi sulit untuk mengetahui ke mana virus corona ini akan pergi,” kata Pakar Penyakit Menular dan Wakil Direktur Medis di Westmed Medical Group di New York, Sandra Kesh.

Para pakar tidak cukup tahu tentang bagaimana COVID-19 menyebar, dan bagaimana perubahan cuaca dan suhu dapat mempengaruhi atau tidak mempengaruhi hal itu.

“Kenyataannya pergantian musim cenderung kurang berdampak pada virus baru sehingga Anda masih bisa sakit di luar musim dingin. Dan ingat, ini pandemi global, jadi selalu ada musim dingin di suatu negara lain,” ujar Kesh.

Jadi apa yang mungkin terjadi dengan virus corona dalam beberapa bulan ke depan?

“Karena ini adalah virus baru, mereka yang belum terinfeksi di sebagian besar dunia tidak memiliki kekebalan terhadapnya,” kata Kesh.

Jadi dalam skenario terburuk, jika banyak orang di suatu komunitas sakit pada saat yang sama, ini membuat sumber daya medis kebanjiran pasien dan mengganggu proses sehari-hari dalam kehidupan.