Kapan Pandemi Virus Corona Berakhir? Ini Jawaban Para Pakar Penyakit Menular

Eramuslim – Virus corona (COVID-19) telah menjadi pandemi global di berbagai belahan dunia. Virus yang awalnya menjangkiti China pada bulan Desember 2019 ini, lalu menyebar dengan cepat ke seluruh penjuru dunia pada 2020.

Menurut World Health Organization (WHO), virus corona telah menginfeksi lebih dari 1.353.361 orang di seluruh dunia. Ketika banyak negara dan kota terus menegakkan aturan physical distancing, mendorong isolasi diri dan menunda berbagai acara besar, termasuk olimpiade di Jepang, ada satu pertanyaan yang sering muncul di benak setiap orang: Kapan pandemi virus corona ini benar-benar berakhir?

Jawaban singkatnya adalah, tidak ada yang bisa menjawabnya dengan pasti. Tetapi para pakar dan peneliti penyakit menular memiliki beberapa pemikiran untuk membantu menempatkan situasi kesehatan global ini ke dalam sebuah perspektif yang tepat tentang berapa lama orang akan menghadapi pandemi virus corona di seluruh dunia?

Seperti dilansir dari Women’s Health, Minggu (12/4/2020), Kepala Bagian Penyakit Menular di Universitas Maryland Upper Chesapeake Health Faheem Younus mengatakan, jujur, tidak mungkin untuk mengatakan kapan pandemi virus corona akan berakhir, sebab virus corona (COVID-19) memang virus baru. Oleh karena itu sulit memprediksinya.

Namun, terang Younus, pandemi pernah terjadi sebelumnya. Pandemi berlalu saat masyarakat memahami cara menghadapinya dan ketika vaksin telah dikembangkan dan didistribusikan.

Para peneliti melihat sejarah pandemi masa lalu untuk membuat prediksi awal tentang kapan pandemi virus corona akan berakhir. Pada masa lalu, pandemi biasanya berlangsung antara 12 hingga 36 bulan.

Salah satu contoh jangka waktu pandemi masa lalu, pada 2009 terjadi pandemi flu H1N1. WHO mengumumkan pandemi flu babi tersebut pada Juni. Lalu pada pertengahan September, FDA menyetujui empat vaksin untuk virus itu, dan mereka mulai diberikan pada Oktober.