Kapan Hari Berbahasa Arab Di Dunia ???

buku arabTahukah kita sebagai umat Muslim di dunia kapan hari berbahasa Arab resmi di akui PBB?

Tanggal 18 Desember merupakan hari berbahasa Arab dunia dan telah disetujui oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan sekaligus menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi dan bahasa kerja di PBB.

Setelah pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1945, PBB mengadopsi lima bahasa Internasional yang terdiri dari Spanyol , Inggris, Rusia , Cina dan Perancis, sebagai bahasa resmi dalam pertemuan PBB. Bahasa Arab menjadi bahasa resmi ke enam yang akan digunakan dalam sidang dan konferensi yang diadakan PBB.

Kerajaan Maroko dan Arab Saudi yang mengusulkan bahasa Arab masuk dalam bahasa resmi PBB dalam pertemuan ke 190 dari Dewan Eksekutif Organisasi PBB untuk Pendidikan , Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan ( UNESCO ) pada tahun 1973.

Dan pada 18 Desember 1973 Dewan Eksekutif UNESCO menyetujui bahasa Arab menjadi bahasa resmi keenam yang diucapkan oleh delegasi Arab, dan ditulis dalam dokumen PBB serta menjadi bahasa resmi di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dan badan-badan dibawahnya.

Sebanyak 279 juta orang saat ini menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pertama mereka, dan sebanyak 130 juta orang menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa kedua. (Aljazeera/lndk)