Kapal MV Cape Ray Amerika Serikat, Siap Angkut Senjata Kimia Suriah Ke Lautan Lepas

mv cape rayKolonel Steven Warren, juru bicara Departemen Pertahanan AS sekaligus laksamana kapal ‘MV Cape Ray’ menyatakan kesiapannya untuk membantu memusnahkan senjata kimia Suriah di atas kapal yang dinahkodainya.

Ini diungkapkan Kol.Warren setelah pengumuman Organisasi Pelarangan Senjata Kimia dua hari yang lalu, dalam keterangan pers Warren mengatakan ” Kami sedang dalam proses mempersiapkan Cape Ray untuk hal tersebut.”

Warren menjelaskan bahwa Departemen Pertahanan tidak pernah membebankan tugas apapun kepada kami mengenai hal tersebut, ia menambahkan, “akan tetapi kami sedang mempersiapkan diri setelah diminta untuk ikut membantu menghancurkan senjata kimia Suriah.”

Kapal MV Cape Ray memiliki panjang kapal 200 meter dan tengah bersandar di pelabuhan Norfolk , Virginia timur,  kapal ini termasuk ke dalam Armada Reserve yang meliputi 46 kapal dan siap digunakan setiap saat.

Kapal ini memiliki teknologi pengolahan hidrolisis canggih, yang memungkinkan pembongkaran zat kimia dengan menggunakan air dan akan memunculkan molekul baru.

Sebelumnya Dewan Eksekutif Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia pada pertengahan November kemarin telah menjadwalkan pemindahan Senjata kimia Suriah ke luar negeri sebelum 31 Desember mendatang. (rassd/lndk)