Kanselir Jerman; Kami Siap Bantu Turki Masuk Anggota Uni Eropa

Angela-Merkel--007Eramuslim – Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa negaranya siap untuk membantu Turki bergabung dengan Uni Eropa, sebagai imbalan atas usaha Ankara dalam menghentikan gelombang arus pengungsi ke negara-negara Eropa.

Pernyataan ini dikatakan Kanselir Jerman Angela Merkel pada hari Minggu (18/10) kemarin dalam konferesi pers bersama dengan PM Ahmet Davutoglu di kota Ankara, disela kunjungan kenegaraan ke Turki.

“Bagaimana kita dapat membantu proses tersebut? Kita akan membicarakan secara rincinya nanti,” ujar Merkel dihadapan wartawan.

Sedangkan PM Ahmet Davutoglu dalam gilirannya mengatakan, “Turki telah mengusulkan pembentukan zona aman di wilayah utara Suriah sejak beberapa tahun yang lalu, dan tidak mendapatkan dukungan sama sekali oleh duni internasional.”

PM Ahmet Davutoglu melanjutkan, “Ini adalah hal kecil yang perlu dilakukan oleh koalisi internasional, akan tetapi memiliki dampak yang kuat untuk menghentikan aliran pengungsi.”

Sementara itu menanggapi intervensi militer Rusia di Suriah, orang nomor dua di Turki ini memperingatkan bahwa hal tersebut akan membawa dampak besar bagi bertambahnya jumlah gelombang pengungsi ke kawasan negara-negara Eropa. (Dostor/Ram)