John Kerry : Solusi Dua-Negara Adalah Satu-Satunya Cara Untuk Mencapai Perdamaian Palestina-Israel

-Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, menegaskan bahwa solusi dua-negara adalah satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian Palestina-Israel di kawasan di Timur Tengah, dan menekankan bahwa file ini akan tetap menjadi prioritas utama bagi agenda pemerintah AS.

Dalam pidatonya di konferensi Kebijakan Timur Tengah di Institut, Brookings, Kerry mengatakan “tidak akan mungkin menyelesaikan konflik ini dengan mengambil langkah-langkah sepihak, akan tetapi solusi damai ini harus melalui negosiasi antara pihak Palestina dan Israel,” mengacu pada pengakuan sepihak beberapa negara Eropa terhadap negara Palestina.

Selain itu Kerry meminta Israel untuk memenuhi semua tuntutan yang disepakati oleh kedua negara, jika ingin mencapai keamanan secara penuh, mengacu pada pembangunan pemukiman baru Yahudi di wilayah Palestina.

Kerry mengkritik kebijakan pembangunan tersebut dan menyebut Israel telah merusak peluang untuk perdamaian, serta dapat menyebabkan Israel di isolasi dari masyarakat internasional.

Menurutnya masih ada kemungkinan untuk mencapai perdamaian melau negosiasi damai Israel-Palestina, dan menyatakan bahwa AS siap bekerjasama dengan Mesir dan Yordania serta negara-negara lain di kawasan untuk membantu memastikan hal ini. (Akhbarak/Ram)