John Kerry: Campur Tangan Amerika Serikat di Wilayah Timur Tengah Adalah Untuk Menjaga Kepentingan Kami

BELGIUM-NATO-US-DIPLOMACY-KERRYMenteri Luar Negeri AS, John Kerry, menyatakan bahwa campur tangan Amerika Serikat di wilayah Timur Tengah adalah untuk menjaga kepentingan di kawasan tersebut, tanpa mau memberikan rincian lebih lanjut.

Pernyataan ini disampaikan John Kerry dalam konferensi jurnal politik internasional majalah Amerika Serikat di kota Washington DC hari Senin (17/11), dan mengatakan “kita harus ikut campur dalam berbagai kerusuhan yang terjadi di wilayah ini (Timur Tengah), karena di sana adalah jantung keamanan dan perekonomian kita.”

Selain itu John Kerry menekankan milisi ISIS untuk tidak menakut-nakuti Amerika Serikat, “karena AS tidak mencari permusuhan di Timur Tengah. Akan tetapi mereka (ISIS) yang kini mencari permusuhan dengan kita,” mengacu pada tewasnya 3 warga AS yang dipenggal ISIS.

“Ada banyak teman-teman Amerika Serikat di sana, sehingga pemerintah Washington sangat sensitif dengan isu-isu yang terjadi,” uangkap Kerry.

Menurut Menlu handal AS ini, ketika AS membuat kuat teman-teman dan sekutunya di Timur Tengah, sebenarnya akan menjadikan AS lebih kuat. (Rassd/Ram)