John Kerry: AS Punya Bukti Iran Dukung Pemberontak Syiah Houthi Di Yaman

U.S. Secretary of State Kerry speaks during a news conference at the Lake Garden Hotel, outside the venue of the 47th ASEAN Foreign Ministers' Meeting, in NaypyidawEramuslim.co – Menteri Luara Negeri Amerika Serikat, John Kerry, menyatakan bahwa negaranya mengetahui dan memiliki bukti keterlibatan Iran dalam membantu pemberontak Syiah Houthi di Yaman, dalam wawancaranya dengan stasiun televisi BBC pada hari Rabu (08/04) kemarin.

Dalam wawancaranya Kerry mengatakan, “Kami berharap AS tidak akan terjun lebih dalam dalam konflik di Yaman, akan tetapi kami tidak akan membiarkan sekutu dan teman-teman kami terancam akibat siasat politik yang diambil oleh pemerintah Iran.”

“Pemerintah Washington akan mendukung negara-negara yang merasa terancam oleh rezim Iran di Timur Tengah,” tegas Menlu John Kerry dalam wawancaranya.

Menurutnya apa yang terjadi di Yaman adalah upaya mengembalikan legalitas pemerintah Yaman yang digulingkan pemberontak Syiah Houthi yang didukung oleh Iran.

Disisi lain WHO mencatat hingga Senin 6 April sedikitnya 540 orang tewas dan 1700 lainnya terluka dalam operasi “badai penghancur” yang diluncurkan Arab Saudi sejak 26 Maret lalu.(Skynewsarabia/Ram)